Asal Usul dan Sejarah Android yang Perlu Anda Tahu

Android merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh sebagian banyak orang melalui hp android yang dimiliknya. Sebelum adanya hp android yang sekarang kamu gunakan, tahukah kamu darimana asal-usul android dan bagaimana sejarah terbentuknya android ?. Simak penjelasannya berikut ini.


Sebelum dimiliki oleh Google, Android sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc. yang didirikan di Palo Alto, California pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.

Perusahaan ini sendiri memang sedari awal sudah didukung secara finansial oleh Google sebelum akhirnya dibeli pada tahun 2005. Walaupun sudah dibeli oleh Google, tapi para pendiri Android, seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan.

Akhirnya, pada tahun 2007, dirilislah sistem operasi pertama Android dengan ditandai juga didirikannya Open Handset Allience (OHA) yang tidak lain dan tidak bukan adalah bekerja untuk melakukan pengembangan standar terbuka bagi perangkat seluler. Di tahun 2008, akhirnya dirilislah HTC Dream, HP pertama yang menggunakan sistem operasi Android.

Walaupun sekarang Android telah sukses dan digunakan oleh setiap vendor smartphone untuk menunjang kinerja produknya, tapi ternyata awal mulanya Android dikembangkan untuk kamera digital lho. Namun, sadar jika pasar untuk perangkat tersebut tidak telalu besar, akhirnya tujuannya pun dialihkan walaupun pada akhirnya ada kamera digital juga yang menggunakan sistem operasi ini.

Setelah itu, Android akhirnya dibuat untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile. Namun, agar informasi tentang sistem operasi ini tidak bocor ke para rivalnya, pengembangan sistem operasi ini dilakukan secara diam-diam, walaupun para pengembangnya sendiri adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman.

Walaupun para pendiri Android akhirnya ikut bekerja ketika Android dibeli oleh Google, namun akhirnya mereka mengundurkan diri dari perusahaan. Lalu bagaimana nasib mereka?

Rich Miner sendiri memang tidak sepenuhnya hengkang dari tim Android beberapa waktu setelah perusahaan Android Inc. dibeli oleh Google, dia kahirnya bergabung dengna tim Google Ventures di bulan Maret 2009 dan berkantor di Cambridge, MA.

Andy Rubin sendiri yang mendirikan Android Inc. akhirnya hengkang dari Google setelah menduduki beberapa posisi penting, seperti Senior Vice President of Mobile and Digital Content, dan mengepalai proyek barunya Google. Pada Oktober 2014, akhirnya dia hengkang dan pada November 2017, Rubin memperkenalkan perusahaan smartphone-nya yang bernama Essential.

Versi-Versi Android

Di bawah ini menunjukkan versi-versi Android yang telah dirilis dari pertama sampai versi Android terbaru yang mungkin belum semua merasakannya. Dari tabel ini bisa kita lihat bagaimana sistem operasi Android terus tumbuh seiring perkembangannya teknologi. Yuk, langsung disimak!

Versi Codename Tanggal Rilis
1.0 Astro Boy 23 September 2008
1.1 Bender -
1.5 Cupcake Mei 2009
1.6 Donut September 2009
2.0-2.1 Eclair 26 Oktober 2009
2.2 Froyo 20 Mei 2010
2.3 Gingerbread 6 Desember 2010
3.1 Honeycomb 10 Mei 2011
4.0.3 Ice Cream Sandwich 16 Desember 2011
4.1.x Jelly Bean 9 Juli 2012
4.4 KitKat 31 Oktober 2013
5.x Lollipop 15 Oktober 2014
6.0 Marshmallow 10 Agustus 2015
7.0 Nougat 22 Agustus 2016
8.0 Oreo 21 Agustus 2017

Demikianlah informasi tentang asal-usul dan sejarah terbentuknya android sampai dengan macam-macam versi android hingga sekarang. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kamu semua.

0 Response to "Asal Usul dan Sejarah Android yang Perlu Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel